Jun 7, 2020

logoblog

Cara Install Codeigniter 4 di XAMPP Menggunakan Composer di Windows 10

Install Composer

Cara Install Codeigniter Menggunakan Composer - Secara singkat CodeIgniter merupakan Framework PHP untuk membangun aplikasi web. CodeIgniter terdiri dari beberapa versi antara lain CodeIgniter 1, CodeIgniter 2, CodeIgniter 3 dan terakhir yaitu CodeIgniter 4. Tutorial kali ini hanya membahas cara install CodeIgniter 4 di Windows 10.

Saat ini CodeIgniter mengalami perubahan yang cukup besar setelah CI 4 muncul. Mau tidak mau kita harus membaca dokumen yang tersedia di situs resmi CodeIgniter agar bisa mengetahui apa saja yang diperbarui.

Agar CodeIgniter bisa berjalan web server dalam bahasan ini yaitu XAMPP server, kita harus mengaktifkan intl extention, php-json, php-mbstring, php-mysqlnd, dan php-xml. Kamu bisa mengeceknya di file php.ini.

Selain itu juga membutuhkan PHP 7.2+. Untuk mengecek versi php kamu bisa ketik perintah php -v. Demi alasan keamaan, CodeIgniter 4 juga memindahkan file index.php ke folder /public yang sebelumnya berada di root project.

Langkah Install CodeIgniter 4 menggunakan Composer

Dengan menggunakan Composer proses instalasi lebih mudah dan efisien. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengaktifkan script di file php.ini seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, terutama file intl extention. Pada PHP versi 7.2 atau terbaru, nama file tersebut yaitu extension=intl. Kamu bisa mencarinya menggunakan fitur pencarian, untuk mengaktifkannya cukup hapus ";" yang berada didepannya.

1. Masuk ke direktori root web server. Misal disini saya menginstall xampp di D:\xampp\htdocs
2. Ketik perintah composer create-project codeigniter4/appstarter nama_project_ci
3. Masuk ke folder project yang sudah dibuat di D:\xampp\htdocs\nama_project_ci
4. Ketik perintah composer update
5. Terakhir cek apakah sudah berhasil dengan perintah php spark serve
 
Jika berhasil, buka browser ketik http://localhost:8080 di address bar maka akan muncul tampilan halaman awal codeigniter.


Sekian tutorial tentang Cara Install Codeigniter 4 di XAMPP Menggunakan Composer di Windows 10. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Terimakasih telah mengunjungi blogcahti, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Install Codeigniter 4 di XAMPP Menggunakan Composer di Windows 10
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email