Jun 7, 2020

logoblog

Cara Mudah Install dan Menjalankan Composer di Windows 10

Install Composer (Sumber : getcomposer.org)

Cara Mudah Install Composer - Hai sobat blogcati berjumpa lagi dengan saya. Kali ini saya akan memberikan tutorial instal composer dan juga menjalankannya di windows 10. Bagi teman-teman yang belum tau apa itu composer, akan saya rangkum sesingkat mungkin dalam tulisan ini.

Apa itu Composer

Composer adalah sebuah tool untuk manajemen depedency didalam pemrogaman PHP yang memudahkan kita dalam mendeklarasikan library sebagai wadah untuk mengelola bahkan memperbaruinya. Composer mengelola berdasarkan per project yang kemudian diinstal didalam direktori tertentu. Composer terinspirasi oleh node npm dan Ruby. Dengan menggunakan composer, kamu dapat mencari tahu paket yang bisa dan perlu diinstal didalam project. Kamu juga dapat memperbarui semua depedencies dalam satu perintah. Mungkin cukup membingungkan bagi yang baru ingin memasang tool ini.

System Requirements

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjalankan Composer, antara lain :
  • Composer memerlukan PHP 5.3.2+
  • Beberapa setting PHP sensitif dan compile flag diperlukan
  • Multi-platform, dapat digunakan di Windows, Linux dan MacOS

Cara Install Composer di Windows 10

Pada tutorial ini saya hanya melibatkan Windows 10 karena saya menggunakan platform Windows. Bagi kamu yang menggunakan Linux atau MacOS bisa dilihat langsung di situs resmi Composer. Langsung saja berikut langkah instalasi Composer menggunakan Windows Installer :
1. Download installer Composer-Setup.exe
2. Pilih Install for all users.
3. Klik Next.
4. Browse direktori penyimpanan PHP. Disini saya menggunakan XAMPP jadi tinggal sesuaikan. Jika sudah klik Next.
5. Klik Next lewati.
6. Terakhir klik Install.
7. Terakhir setelah proses install sudah selesai klik Finish. Kemudian kita cek menggunakan cmd dengan mengetik perintah composer. Jika muncul seperti ini berarti berhasil.

Sekian tutorial tentang Cara Mudah Install dan Menjalankan Composer di Windows 10. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Terimakasih telah mengunjungi blogcahti, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mudah Install dan Menjalankan Composer di Windows 10
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email