Jun 12, 2017

logoblog

Macam-Macam Operasi Input dan Output pada Bahasa C dan C++


Macam-Macam Operasi Input dan Output pada Bahasa C dan C++ - Kali ini blogcahti akan membagikan tulisan tentang bahasa pemrogaman C dan C++. Bahasa C merupakan bahasa yang cukup populer dalam dunia pemrogaman. Didalam bahasa pemrogaman terdapat dua operasi yaitu input dan output. Perlu kalian ketahui bahwa operasi tersebut wajib ada didalam pemrogaman. Tapi ingat ya, ini beda dengan I/O pada hardware komputer.

Pengertian Operasi Input dan Output

Input atau biasa disebut operasi masukkan dalam istilah pemrogaman adalah suatu proses memasukkan sebuah perintah berupa data ke layar. Sedangkan output atau keluaran adalah proses menampilkan data yang telah disimpan ke layar. Terdapat bermacam-macam operasi input dan output yang sudah menjadi standar bahasa pemrogaman C dan C++. Agar bisa menggunakan perintah tersebut maka kita harus menggunakan beberapa file header.

(Baca juga : Contoh Program Tebak Angka Bahasa C Sederhana)

Macam-macam perintah Input dan Output

Bahasa C dan C++ menyediakan beberapa file header (.h) untuk keperluan input dan output. Dari file header itulah yang kemudian perintah tersebut akan digunakan didalam sebuah program. Jadi, header itu menyiapkan beberapa fungsi tertentu termasuk input dan output untuk memudahkan programmer.

Perintah Masukkan

1. scanf()

Fungsi ini digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data. Bentuk penulisannya adalah :
scanf("format_penentu", &nama_variabel");
Simbol '&' merupakan pointer yang menunjuk ke sebuah alamat memori pada variabel yang dituju. Sedangkan penentu format merupakan format standar untuk pemanggilan tipe data variabel yang sudah ditentukan sebelumnya. Lihat tabel berikut :
Tabel Penentu Format scanf()
Tabel.1

2. gets()

Fungsi ini digunakan untuk memasukkan data berupa string. Bentuk penulisannya :
gets(nama_variabel);
Bedanya dengan scanf adalah :
Gets dapat menerima string yang mengandung spasi dan dianggap sebagai satu kesatuan data.

3. cin()

Fungsi cin() merupakan perintah yang sama dengan scanf() namun bertipe objek didalam C++. Penggunaan fungsi ini perlu memasukkan file header iostream.h . Bentuk penulisannya:
cin>>nama_variabel;

4. getch()

Fungsi getch() (get character and echo) digunakan untuk membaca sebuah karakter yang dimasukkan tanpa perlu diakhiri dengan menekan Enter dan karakter yang dimasukkan tidak ditampilkan ke layar. Fungsi ini juga digunakan untuk mencegah layar agar tidak langsung keluar dari program dengan cara menaruh fungsi langsung di akhir program karena fungsi ini untuk masukkan karakter, jadi harus input sebuah karakter seb elum keluar dari program. Fungsi ini membutuhkan file header conio.h . Bentuk penulisan untuk membaca karakter :
nama_variabel = getch();

5. getche()

Fungsi getche() hampir sama dengan getch() namun karakter yang dimasukkan akan ditampilkan ke layar. Membutuhkan file header conio.h juga seperti fungsi getch() .

Perintah Keluaran

1. printf()

Fungsi printf() merupakan library yang ada di bahasa C yang digunakan untuk menampilkan informasi/data ke layar. Fungsi ini membutuhkan file header stdio.h agar dapat berjalan. Bentuk penulisannya :
printf("Data-String", variabel_1, variabel_2, ...);
Data String merupakan keterangan berupa karakter untuk informasi ke layar beserta penentu format. Penentu format disini berguna sebagai pemanggil tipe data tertentu yang diikuti oleh tiap variabel yang bersangkutan secara urut dari kiri kanan.
Tabel Penentu Format printf()
Tabel.2

2. puts()

Fungsi ini hampir sama dengan printf() yang digunakan untuk mencetak informasi ke layar. Perbedaan kedua fungsi ini yaitu terletak pada penentuan tipe data. Pada fungsi printf() harus menuliskan format tipe data '%s', sedangkan fungsi puts() tidak memerlukannya karena fungsi ini memang digunakan untuk mencetak data berupa string. Selain itu fungsi ini juga akan secara otomatis membuat baris baru (newline), tidak seperti printf() yang harus menggunakan karakter khusus '\n' . Bentuk penulisannya :
puts("Data-String");
puts(nama_variabel);
Bentuk pertama digunakan untuk mencetak string ke layar secara langsung. Bedanya dengan bentuk kedua adalah pada bentuk kedua berguna untuk mencetak nilai variabel bertipe data char.

3. putchar()

Sama seperti fungsi puts() namun putchar() menampilkan informasi string ke layar tanpa diakhiri ganti baris. Bentuk penulisannya juga sama seperti pada fungsi puts().

4. cout()

Fungsi ini merupakan objek dalam pemrogaman C++ untuk menampilkan informasi ke layar. Ini adalah pasangan dari fungsi cin(). Untuk menggunakan ini juga perlu file header iostream.h . Bentuk penulisannya :
cout<<"Data-String";
cout<<nama_variabel;
Bentuk pertama adalah untuk mencetak informasi langsung ke layar. Sedangkan yang kedua akan mencetak nilai variabel bertipe data tertentu.

Sebenarnya untuk macam-macam perintah output  masih banyak lagi seperti fungsi manipulator setw(), setfill(), setprecision(), dan sebagainya. Berhubung tulisan ini sudah dirasa cukup panjang maka kalian diharapkan membacanya di postingan yang berhubungan.

Semoga artikel Macam-Macam Operasi Input dan Output pada Bahasa C dan C++ dapat bermanfaat bagi pemula yang masih sedang belajar seperti saya ini.

Artikel Terkait

Macam-Macam Operasi Input dan Output pada Bahasa C dan C++
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email