May 7, 2017

logoblog

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bahasa Pemrogaman C dan C++

Mengenal Lebih Dalam Bahasa Pemrogaman C dan C++

Mengenal Bahasa Pemrogaman C dan C++ - C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix. Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan.

Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep OOP(Object Oriented Programming). Wikipedia

Menggunakan Compiler

Compiler yaitu penerjemah program yang nantinya ditampilkan sebagai output. Untuk memahami suatu program dapat berjalan perlu pengetahuan tentang algoritma. Algoritma merupakan susunan atau urutan langkah suatu program. Selain menggunakan BorlandC++, kita bisa menggunakan compiler seperti DevC++, MinGW dsb. Namun karena saya menggunakan BorlandC++ maka contoh program dikompile menggunakan compiler tersebut.

(Baca juga : Macam-Macam Operasi Input dan Output pada Bahasa C dan C++)


Membuat contoh program menggunakan BorlandC++

Pertama buka BorlandC++ lalu klik menu file >new > conzole wizard, pilih C atau C++.

1. Bahasa C


#include <stdio.h>
#include <conio.h>

main(){

printf("Hello World");

getch();
}


Perintah #include  adalah untuk memasukan file header yang memiliki bermacam fungsi. Dalam membuat suatu program harus diawali dengan kurung kurawal { dan }. Syntax printf() untuk menampilkan output kelayar berupa karakter atau kalimat. Setiap perintah harus diakhir dengan tanda titik koma  ; yang menandakan berakhirnya suatu syntax. Fungsi getch() yaitu agar karakter yang diinputkan tidak ditampilkan dilayar  dan harus memasukan file header <conio.h> .

2. Bahasa C++


#include <iostream.h>
#include  <conio.h>

main(){

cout<<"hello world";

getch();
}

Perintah cout<< juga berfungsi sama seperti printf() untuk menampilkan output ke layar. Setelah program selesai dibuat kemudian jalankan program tersebut dengan menekan F9 pada keyboard.

 

Output dari kedua program diatas akan menampilkan :


Kedua program diatas menghasilkan output yang sama karena pada dasarnya hanya penulisan syntax yang berbeda pada bahasa C dengan C++. Perbedaan bahasa C dengan C++ sebenarnya terletak pada konsep OOP. Konsep OOP atau pemrogaman berorientasi objek dikenal pada bahasa C++. Selain perintah-perintah dasar diatas, masih ada banyak lagi perintah dalam bahasa C yang harus kalian ketahui.

Sekilas tentang Mengenal Bahasa Pemrogaman C dan C++ semoga tulisan ini bermanfaat bagi pemula dalam mempelajari bahasa pemrogaman.

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Dalam Apa Itu Bahasa Pemrogaman C dan C++
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email