May 19, 2017

logoblog

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Komputer dengan Recuva (Data Recovery)

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Recuva (Data Recovery)

Cara Mengembaikan File yang Hilang- Halo sobat blogcahti.. kali ini saya membuat tutorial cara recovery file yang hilang atau terhapus di komputer menggunakan software Recuva. Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan software yang satu ini. Recuva merupakan software yang berfungsi untuk proses pemulihan data pada media penyimpanan. Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu recovery. Sedangkan recovery adalah proses pemulihan data atau file yang telah hilang/terhapus didalam sebuah media penyimpanan. Jenis media penyimpanan atau disk bisa berupa harddisk, flashdisk, cd dll.

Data atau file yang sudah terhapus sebenarnya tidak hilang, melainkan hanya index file tersebut. Jadi, file tersebut masih tersimpan didalam disk tapi tidak terbaca oleh sistem. Tujuan recovery yaitu untuk memulihkan index file tersebut agar terbaca oleh sistem. Kamu bisa memulihkan file dari media apapun asalkan jangka waktu data tidak terlalu lama. Data yang telah dihapus akan tertumpuk bersama data lainnya. Sehingga data yang terdahulu kemungkinan akan sulit untuk dipulihkan.

Bagaimana recovery file yang telah hilang?

Oke, disini saya menggunakan media flashdisk untuk recovery file yang sebelumnya terhapus. Kamu bisa mencoba recovery dari harddisk atau apapun karena pada dasarnya sama saja.

Langkah-langkah percobaan recovery file

1. Hubungkan flashdisk ke komputer. Sebagai contoh saya menggunakan jenis file gambar. Lihat gambar berikut.
Recovery Flashdisk

2. Saya mencoba untuk menghapus folder yang berisi file tadi agar nanti bisa dipulihkan.
Hapus File

3.Buka software Recuva, pilih "All files" lalu klik "Next".
All Files

4.Pilih "In a specific location", browse drive yang akan kita pulihkan (sesuaikan dengan drive flashdisk). Klik "Next".
Inspecific Location

5.Klik "Start" untuk memulai recovery data. Opsi "Deep Scan" berfungsi untuk mencari file secara mendalam jadi abaikan saja.
Start Recovery

6.Proses scan file cepat karena jumlah file yang sedikit. Kemudian centang seluruh file yang akan dipulihkan. Klik "Recover".
Recover File

7.Pilih tempat dimana file akan disimpan. Taruh di flashdisk saja karena kita akan mengembalikannya seperti semula. Klik "Next".

Menyimpan File

8. Muncul peringatan, kemungkinan ada sebagian file yang tidak bisa dipulihkan/error karena menyimpannya pada tempat yang sama seperti sebelumnya. Klik "Yes" saja.
Abaiakan Peringatan

9. Semua file telah dipulihkan. Klik "OK".
Pemulihan Selesai

10. Setelah selesai, cek flashdisk apakah file sudah pulih dan tidak corrupt. Sebelumya files tersebut diletakan didalam sebuah folder bernama files, namun karena proses recovery di recuva tidak dapat memulihkan folder, maka hanya files yang terlihat.
Cek File


Sekian artikel tentang Cara Mengembaikan File yang Hilang dengan Recuva (Data Recovery) semoga bermanfaat bagi kamu untuk memulihkan data yang telah hilang.

Artikel Terkait

Cara Mengembalikan File yang Hilang di Komputer dengan Recuva (Data Recovery)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email