Jun 2, 2017

logoblog

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Tanpa Root

Mengatasi Memori Internal Android Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh - Pernah mengalami memori internal Android kamu tiba-tiba penuh? Ketahuilah penyebabnya dahulu supaya dalam penanganannya mudah. Nah, kali ini blogcahti akan membahasnya.

Faktor-faktor penyebab memori android penuh

Ada beberapa faktor penyebab memori internal android menjadi penuh yang terkadang sangat menjengkelkan kita disaat seperti melakukan update aplikasi di Google Play Store harus menghapus aplikasi lain karena memori penuh. Berikut faktor-faktor tersebut :
  • Kapasitas penyimpanan internal yang tergolong kecil
  • Terlalu banyak aplikasi yang diinstal di memori internal terutama aplikasi bawaan pabrik (bloatware)
  • Menyimpan berbagi file media seperti foto, video dan sebagainya di memory internal
  • Terdapat cache serta file sampah yang menumpuk

Untuk mengatasi masalah internal penuh, kamu harus cek terlebih dahulu apa penyebab memori internal android penuh seperti hal-hal yang sudah saya sampaikan diatas agar pemecahan masalah dapat ditangani dengan cepat dan mudah.


Terkadang para pengguna android juga menyepelekan berkas foto yang dibiarkan disimpan di sdcard yang akan membuat cache thumbnails yang berfungsi agar loading foto lebih cepat menjadi menumpuk sehingga ruang bebas memori berkurang padahal penyimpan internal android mereka tergolong kecil.

Cara Mengatasi Internal Android Penuh

Kamu bisa lakukan tips yang pernah saya lakukan. Berikut berbagai cara mengatasi memori internal android penuh yang wajib kamu coba.

1. Menonaktifkan bloatware dan mencopot aplikasi tidak penting

Pergi menuju setelan android, pilih aplikasi kemudian lihat aplikasi yang berada di semua penyimpanan. Lalu cari dan pilih aplikasi yang tidak penting misal disini saya pilih Chrome. Pilih copot pemasangan aplikasi.

Untuk menonaktifkan aplikasi bloatware cukup pilih nonaktifkan. Namun jika aplikasi sudah diperbarui, pilih copot pemasangan dahulu lalu pilih nonaktifkan.

2. Menghapus cache

Cara menghapus cache yaitu langsung melalui setelan penyimpanan atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dll.

#Menghapus langsung di setelan penyimpanan

Pergi menuju setelan penyimpanan lalu pilih data dalam cache. Pilih OKE untuk menghapus.

#Menggunakan aplikasi CCleaner

Disini blogcahti terbiasa menggunakan aplikasi CCleaner yang dapat diunduh langsung di Google Play. Aplikasi tersebut sangat sederhana dan antarmuka pengguna yang mudah dimengerti. Pertama buat widget. Kamu bisa menyesuaikan tergantung kebutuhan seperti hapus memori ram, clipboard, dan history browser.

Setelah itu cukup klik satu kali pada widget untuk menghapus cache. Sangat mudah bukan?

3. Menghapus folder thumbnails

Folder thumbnails berisi cache gambar yang bertujuan agar saat kita membuka gambar loading lebih cepat. Karena jika foto yang ada di memori internal anda semakin banyak maka semakin banyak pula file yang berada di folder thumbnails yang pastinya akan membuat memori menjadi penuh. Folder tersebut biasanya berada dimana anda menyimpan foto, jika di internal atau sdcard terletak di /sdcard/DCIM/thumbnails. Kamu tinggal hapus saja folder thumbnails maka memori kamu akan sedikit lebih lega dari sebelumnya.

Namun jika ingin foledr tersebut tidak muncul lagi kamu bisa membuat sebuah file baru di /sdcard/DCIM/disini .bBuat sebuah file dengan nama .thumbnails menggunakan aplikasi file manager seperti File Explorer atau lainnya. Saran saya lebih baik menggunakan aplikasi Root Explorer karena pengalaman saya aplikasi tersebut lebih mudah dalam masalah oprek android.


Dari beberapa cara diatas sebenarnya ada cara yang bisa dikatakan sangat ampuh yaitu dengan membuat partisi memori eksternal untuk dijadikan tempat penyimpanan kedua yang menampung aplikasi.

Sekian dulu yang bisa saya sampaikan tentang Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh yang Baik dan Benar semoga tips ini bermanfaat bagi kamu dalam mengatasi memori android yang penuh.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Tanpa Root
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email