Jun 5, 2017

logoblog

9 Tips Menghemat Baterai Android yang Boros Agar Tahan Lama

Menghemat Baterai Android (Sumber: pixabay)

9 Tips Menghemat Baterai Android yang Boros - Seperti yang kalian ketahui bahwa smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Hampir semua orang tidak terlepas dari smartphone terutama andrid. Kadang baterai menjadi kendala bagi seseorang saat menggunakan android. Ya, karena telepon pintar ini memiliki banyak kegunaan mulai dari berkomunikasi lewat telepon, chattingan, game, menonton video, browsing, dll. Tentunya baterai menjadi kunci pokok agar android kamu dapat bertahan lama dalam menjalankan aktifitasnya. Bayangkan jika kapasitas baterai kamu tergolong kecil? Harus ekstra hemat agar awet.

Sedia payung sebelum hujan

Kamu pasti jengkel disaat sedang bermain gadget belum lama tiba-tiba mati? Saya juga pernah mengalaminya dan itu sangat membuat jengkel. Terlebih ketika sedang bermain game harus sedia charger sebelum mati. Sekarang memang charger menjadi teman setia smartphone. Tapi smartphone yang di-charging terus menerus itu tidak disarankan karena dapat mempercepat masa pakai baterai apalagi jika sambil bermain game.

Lalu apa penyebab baterai android boros?

Kata boros memang tidak bisa lepas dari smartphone android. Ada sebab ada akibat. Sebelum kalian melangkah ke selanjutnya yaitu menghemat baterai android, kalian harus mengetahui penyebabnya dahulu. Ada beberapa faktor umum penyebab android boros baterai.

#Bermain Game

Ini sudah menjadi hal yang wajar karena sistem android bekerja keras hampir melibatkan keseluruhan. Apalagi jika game berkualitas HD pasti baterai akan cepat terkuras.

#Browsing

Ya, kalian pasti sering browsing di internet untuk keperluan tertentu. Misal mengunjungi situs blogcahti untuk mencari tutorial atau tips seperti yang kalian baca saat ini. Browser yang berukuran besar tentu akan memakan ram terlebih jika kamu buka beberapa tab sekaligus.

#Banyak Aplikasi Chat/Sosmed

Sama seperti browsing yang membutuhkan koneksi internet. Tapi kalo ini memang sudah jelas banyak penggunanya sebagai contoh facebook, instagram, twitter, dsb. Menggunakan aplikasi sosmed yang terlalu banyak akan membuat boros baterai karena selalu terhubung ke internet.

#Streaming Musik/Video

Musik dan video memang menjadi hiburan disaat kita sedang bosan. Namun streaming justru lebih memboroskan baterai, kenapa? Karena terhubung ke internet.

Cara Mengatasi Baterai Android yang Boros

Beberapa hal diatas adalah penyebab umum baterai android boros. Untuk mengatasinya kamu perlu lakukan tips berikut. Tapi perlu diingat bahwa ini tidak menjamin andoid kamu bertahan sangat lama apalagi hingga berhari-hari.

1. Hentikan aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang berjalan di latarbelakang jika berukuran besar biasanya memakan banyak RAM. Biasanya kebanyakan orang jika selesai menjalankan aplikasi menggunakan tombol home. Sebenarnya aplikasi tersebut tidak langsung ditutup melainkan masih berjalan karena itu hanya di minimize. Kamu perlu menghentikan secara langsung atau melalui recent application. Kamu bisa menekan pada tombol recent, biasanya di sebelah kiri atau menyesuaikan brand masing-masing.
Recent Apllication

Menggunakan aplikasi seperti task killer tidak disarankan karena kadang juga aplikasi itu sendiri memakan banyak RAM misal CleanMaster dkk.

2. Redupkan pencahayaan layar

Layar yang terlalu cerah akan membuat baterai cepat habis apalagi kalau teknologi layar yang mengunakan LCD. Ini juga tidak baik untuk kesehatan mata kita.

3. Gunakan wallpaper warna hitam

Seperti pada poin nomor dua bahwa warna hitam atau gelap akan membuat layar tidak terlalu memakan banyak baterai.

4. Matikan Sinkron Otomatis

Android terhubung dengan beberapa akun terutama email. Oleh karena itu setiap terkoneksi ke internet maka secara otomatis akan tersinkronisasi agar kamu dapat menerima pemberitahuan baru.
Sinkronisasi Otmatis


Tapi ingat, jika sinkron dimatikan berarti kamu tidak akan menerima notifikasi email dan kamu harus buka email manual untuk melihat notifikasi.

 5. Matikan Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan Data jika tidak digunakan

Terkadang hal ini sering diabaikan oleh pengguna android. Ada yang menyalakan Wi-Fi terus menerus supaya nanti secara otomatis terhubung jika ada jaringan begitu pun juga bluetooth. Ketika tidak ada jaringan perangkat akan mencari terus hingga menemukan sebuah jarungan. Nah, itu yang menjadi penyebab baterai cepat terkuras. Jika kamu tidak bisa mematikan data seluler karena tidak ingin kehilangan notifikasi chat atau lainnya, lebih baik matikan sementara disaat kamu tidak memerlukan gadget atau sebelum tidur.

6. Atur waktu tidur menjadi lebih cepat

Mengubah waktu tidur layar android menjadi lebih cepat merupakan cara yang cukup ampuh karena jika layar menyala terus menerus akan mempercepat daya baterai habis. Misal atur waktu tidur selama 30 detik atau 15 detik.
Waktu Tidur Lebih Cepat

Saya terbiasa mengaturnya selama 1 menit karena sudah lebih dari cukup untuk melihat sekilas notifikasi dll. Tapi biasanya di Android sendiri terdapat modus baca dimana layar tidak akan mati selama dipandang pengguna. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut supaya dalam membaca tidak usah merubah waktu tidur.

7.  Matikan Rotasi Layar Otomatis

Kebiasaan menghidupkan rotasi otomatis akan menguras daya. Hal ini juga sering diabaikan padahal jika terus menerus layar berubah rotasi maka tidak sedikit juga daya baterai yang dihabiskan.

8. Matikan fitur "Ok Google"

Perkembangan android membuat Google merilis fitur baru mereka yang dinamai "Ok Google". Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian sesuai apa yang diucap dengan terlebih dahulu mengucapkan "Ok Google" sebagai penanda bahwa Google siap mendeteksi. Sangat jelas bahwa fitur ini akan menguras dya baterai android kamu. Tidak semua pengguna yang membutuhkan. Oleh karena itu mematikkannya adalah hal yang sangat tepat.

Untuk mematikan fitur ini caranya buka aplikasi google > geser dari kiri ke kanan  (memunculkan menu) > Setelan > Suara > Deteksi "Ok Google" > Nonaktifkan Dari aplikasi Google.
Mematikan "Ok Google"

9. Matikan fungsi Getar android

Fitur vibration atau getar berguna sebagai penanda adanya notifikasi di android biasanya pada nada dering, dsb. Banyak juga aplikasi yang menggunakan fitur ini misalnya game. Mematikan getar akan menghemat daya sehingga baterai bisa bertahan lebih lama. Biasanya untuk mematikannya pada setelan suara. Matikan juga getar saat layar disentuh dan atur juga pada keyboard.


Buat kamu yang ingin menghemat baterai android yang lebih manjur, bisa menggunakan tweak dengan mengoprek sistem android khusus tapi pernagkat kamu harus root terlebih dahulu. Mungkin itu saja dulu artikel tentang 9 Tips Menghemat Baterai Android yang Boros Agar Tahan Lama semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

9 Tips Menghemat Baterai Android yang Boros Agar Tahan Lama
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email