Mar 14, 2018

logoblog

Cara Mengatasi Game Mobile Legends yang Keluar Sendiri Atau Force Close di Android

Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri (Force Close) Tanpa Root

Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri - Akhir ini sangat banyak peminat game online moba android. Terutama game yang sedang trending di Indonesia yaitu Mobile Legends Bang Bang. Ya, game yang dibesut oleh Moonton ini menjadi sangat viral mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa.

Namun ada beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna ketika bermain game moba ini. Salah satunya yaitu masalah aplikasi yang secara tiba-tiba keluar dengan sendirinya atau force close. Tentu kamu akan kesal dengan hal satu ini, apalagi jika kamu sedang asik bermain mode rangked. Kamu akan mendapatkan hukuman AFK karena meninggalkan pertandingan dan tim kamu pasti kecewa. Hal ini juga pernah dialami teman saya yang sedang mabar (main bareng) dengan saya dan teman lainnya. Tidak hanya satu kali, tapi sering banget tiba-tiba keluar sendiri.


Penyebab Mobile Legends Keluar Sendiri

Ada beberapa penyebab yang kemungkinan menjadikan game mobile legends keluar secara tiba-tiba.
1. RAM penuh
2. Terlau banyak cache aplikasi
3. Game belum diperbarui, dll

(Baca juga : Cara Mengatasi Memori Internal Android Penuh Tanpa Root)

Dari beberapa penyebab diatas mungkin banyak yang mengabaikan hal satu ini yaitu cache aplikasi. Ya, semakin banyak cache aplikasi yamg tersimpan maka akan terasa berat pula ponsel android. Apalagi jika RAM atau Internal yang dimiliki tergolong kecil.

Cara Mengatasi Force Close Mobile Lengends

Tenang saja, kamu tidak usah kawatir. Saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini. Berdasarkan pengalaman saya dan teman yang pernah mengalami hal tersebut, maka akan saya ulas solusi yang tepat dan sesuai. 

1. Paksa berhenti aplikasi yang memakan banyak RAM

RAM penuh akan mempengaruhi kinerja sebuah aplikasi, terutama mobile legends yang memiliki membutuhkan RAM lumayan besar. Berdasarkan pengalaman saya, menggunakan android dengan kapasitas RAM 1gb tidak bisa membuka ML. Teman saya yg menggunakan RAM 2gb saja terkadang force close. Nah, untuk mengatasinya sementara dengan paksa berhenti aplikasi yang tidak diperlukan. Caranya masuk ke setelan aplikasi dan pilih beberapa aplikasi lalu paksa berhenti. Ingat ini hanya sementara saja, kemungkinan jika kamu membuka aplikasi lain bisa terulang lagi.

2. Bersihkan cache aplikasi

Kebanyakan pengguna mengabaikan hal ini. Cache adalah tempat penyimpanan aplikasi sementara, bukan seperti RAM. Dengan cache maka kamu tidak perlu repot membuka aplikasi dengan waktu lama. Cache yang menumpuk akan memperlambat kinerja ponsel. Maka dari itu bersihkan cache adalah hal yang harus dilakukan. Download saja aplikasi Cache Cleaner di Google Play Store. Saya merkomendasikan CCleaner karena selain membersihkan cache, dapat juga untuk membersihkan sampah lainnya.

3. Perbarui Game

Jika kalian belum update game Mobile Legends, kemungkinan bisa terjadi hal semacam ini. Untuk itu cek update aplikasi di Google Play Store.

4. Reinstall Game

Salah satu cara yang mungkin bisa mengatasi force close adalah dengan memasang ulang aplikasi. Pertama kamu uninstall terlebih dahulu, lalu install kembali. Biasanya terjadi kesalah sistem sehingga force close terjadi.

5. Ganti Smartphone dengan RAM lebih besar

Nah, kalau RAM kamu kecil dan aplikasi menumpuk sudah pasti dalat terjadi FC. Belilah Smartphone android dengan RAM lebih besar. Maka kemungkinan besar tidak terjadi force close.

Kesimpulan

Jika kamu sudah melakukan tips yang saya sampaikan diatas dengan menganalisa penyebab terlebih dahulu, maka game mobile legends akan berjalan mulus dan tidak akan terjadi lagi force close.

Sekian tutorial tentang cara mengatasi mobile legends keluar sendiri (force close) tanpa root. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berkomentar.

Terimakasih telah mengunjungi blogcahti, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Game Mobile Legends yang Keluar Sendiri Atau Force Close di Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email