Apr 27, 2017

logoblog

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogspot Agar Lebih SEO

Cara Membuat Meta Deskripsi Blogger Agar Menarik

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogspot
- Seperti yang kita  ketahui bahwa blog adalah rumah bagi pemiliknya. Blog harus terlihat menarik agar tamu bisa betah lama-lama di blog kita. Ketika orang akan mengunjungi blog kita melalui mesin pencari, mereka melihat cuplikan kalimat. Itulah yang namanya deskripsi.

Deskripsi menggambarkan tentang apa yang ada di blog kita dan bertujuan agar pengunjung tertarik untuk melihat atau sekedar mampir ke blog kita. Deskripsi juga merupakan teknik seo yang bertujuan agar mesin pencari dengan mudah dapat merayapi blog kita. Namun ini bukan satu-satu cara yang bisa dilakukan untuk optimasi mesin pencari. Masih banyak tekhnik lain untuk memaksimalkan seo.

Banyak penyedia layanan blog yang memasang fitur deskripsi seperti pada wordpress, blogspot, dll. Deskripsi berisi sepenggal kata atau kalimat yang menunjukkan isi dari sebuah blog. Membuat deskripsi pada blogger mudah kok, tidak harus mengerti kode-kode html atau apapun yang agak memusingkan.

(Baca juga : Cara Membuat Breadcrumbs Diatas Judul Postingan Blog yang SEO Friendly)
 
Sebenarnya deskripsi juga merupakan tag html yaitu <meta> yang berada dalam tag <head>. Bermaksud untuk memberikan arahan kepada mesin pencari bahwa kode tersebut nantinya akan ditampilkan di halaman pencarian.

Cara Membuat Meta Deskripsi

Ada dua jenis deskripsi pada blog, yaitu deskripsi untuk blog itu sendiri dan deskripsi untuk artikel. Lalu apa perbedaannya? Jika deskripsi blog berarti mengacu pada seluruh konten yang ada di blog. Sedangkan deskripsi pada artikel berarti menyangkut tentang isi dari artikel tersebut. Oke, untuk membuat dua deskripsi tersebut ikuti langkah-langkah berikut.

Deskripsi blog

  • Login ke blogger.com
  • pilih menu setelan lalu cari "Preferensi penelusuran"
  • Tepat dibawah informasi judul terdapat deskripsi. Kemudian klik "edit" dan ketikkan deskripsi sesuai dengan isi dari blog kamu.
Deskripsi Blog

Di kolom terlihat bahwa batas karakter yang dapat diinput kurang lebih 150 saja. Jika lebih, google secara otomatis akan memotongnya. Setelah itu klik simpan dan pastikan centang pada pilihan aktifkan deskripsi penelusuranBuatlah deskripi yang singkat dan jelas. Misalnya kamu mempunyai blog tentang kesehatan, maka deskripsi yang tepat adalah "Blog yang menyajikan tentang informasi seputar kesehatan" atau apa saja yang menurut kamu bagus. Intinya sih buat deskripsi dengan kata kunci yang sesuai isi blog kita.

Deskripsi artikel

  • Login ke blogger.com
  • Masuk ke post, klik "New entry" atau kamu bisa juga edit post langsung dengan klik edit pada masing-masing daftar postingan.
  • Pada sebelah kanan ada Setelan entry, klik pada "Deskripsi Penelusuran"


Deskripsi Artikel

Deskripsi pada artikel juga diperlukan agar ketika orang mengetikkan kata kunci di mesin pencari, kemudian artikel kita muncul dengan deskripsi yang sesuai dengan isinya.

Sekian artikel tentang Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogspot Agar Lebih SEO semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Membuat Meta Deskripsi di Blogspot Agar Lebih SEO
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email