Apr 14, 2017

logoblog

4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pemula Wajib Tahu!

Cara Mendapatkan Uang dari Blog (sumber: smallwindenergy.ca)

Cara Mendapatkan Uang dari Blog - Teknologi internet memang sedang pesat sekarang ini terutama di Indonesia. Ya, hampir seluruh orang di dunia dalam kehidupan sehari-harinya tidak terlepas dari internet. Indonesia sendiri termasuk negara yang memiliki pengguna internet terbanyak.

Nah, kalau bicara tentang internet pasti tidak terlepas dari yang namanya blog.

Menjadi seorang blogger adalah salah satu bisnis yang diminati banyak orang. Kita dapat berbagi tulisan-tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Lalu bagaimana sih cara menjadi seorang blogger? Bagaimana cara membuat blog? Apa saja keuntungan yang kita dapat dari blog? Jawaban itu semua akan saya bahas disini.

Membuat blog itu sangat mudah kamu hanya perlu memilih penyedia layanan blog seperti blogspot, wordpress, dan lainnya lalu kamu akan diberi petunjuk untuk membuatnya. Kalau kamu merasa sulit mengikuti petunjuknya, mending googling saja dengan kata kunci cara membuat blog blablabla...

Mungkin ada sebagian orang yang belum mengerti cara mendapatkan uang dari blog meskipun orang tersebut sudah pernah menulis di blog mereka. Namun akan lebih baik jika kamu merencanakan apa tujuannya terlebih dahulu.

Biasanya orang membuat blog hanya sekedar untuk menulis, sharing informasi, atau iseng agar keren. Mahasiswa juga kadang membuat blog hanya untuk menyimpan tugas-tugas kuliah mereka. Padahal blog bisa menghasilkan uang.

Ya memang kalau belum tahu mau gimana lagi, toh tidak ada salahnya juga. Karena saya disini membahas tentang cara mendapatkan uang dari blog, berarti kamu yang sedang membaca artikel ini akan dituntun untuk memulainya.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Oke, berikut adalah empat cara supaya kamu bisa menghasilkan uang dari blog :

1. Menjadi Publisher Iklan

Merupakan cara yang sering dilakukan oleh para blogger sebagai penghasilan sampingan bahkan pengahasilan utama. Hal yang harus kamu lakukan adalah mendaftar pada penyedia iklan PPC dan memasang iklan pada blog kamu. Lalu pendapatan per klik tergantung dari trafik blog kamu dan bayaran yang didapat sesuai dengan ketetapan penyedia iklan tersebut, semakin banyak pengunjung blog maka semakin besar pula pendapatannya.

Salah satu penyedia iklan PPC terbesar yaitu Google Adsense. Kamu dapat bergabung di Google Adsense jika trafik blog kamu tinggi.

Selain Google Adsense masih ada banyak lagi penyedia iklan PPC seperti Popcash dan sebaginya yang menawarkan bayaran lumayan besar. Lebih jelasnya kamu bisa googling tentang situs tersebut.

2. Menjual Produk atau Jasa

Kamu juga bisa menjual produk kamu sendiri atau pun menjual jasa kepada calon pembeli. Misal kamu mempunyai hobi kreatif dan keahlian dalam bidang tertentu lalu menuliskannya di blog dan kemudian memasang jasa dari keahlian kamu tersebut.

Kamu pasti pernah melihat blog yang membahas tentang tekhnik SEO (Search Engine Optimization) lalu menawarkan jasa SEO kepada pengunjung blog. Itulah salah satu cara yang cukup bagus dan bisa dibilang kreatif.

3. Menulis Artikel Review

Ada banyak perusahaan yang ingin bisnis mereka diulas kembali di blog orang lain. Kegiatan menulis ini biasa disebut Paid for Review. Perusahaan ini biasanya berani membayar mahal untuk tiap artikel.

Memang lumayan sulit juga untuk mencari adviser yang mau membayar artikel review. Oleh sebab itu jika kamu tidak ingin repot mencarinya, kamu bisa mendaftar di IDblognetwork. Banyak blog yang sudah menulis artikel review dan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

4. Komisi Affiliate Marketing

Kamu bisa bergabung ke program affiliate untuk mendapatkan komisi dari hasil jual produk. Hal yang harus kamu perhatikan adalah memilih produk yang tepat sesuai niche (tema) blog kamu. Sebagai contoh jika kamu mempunyai blog yang membahas tentang kesehatan maka produk tersebut harus sejalan dengan niche tersebut.

Lebih baik kamu menentukan terlebih dahulu produk yang akan dijual dan melakukan riset tentang produk tersebut. Konten yang kamu buat sebaiknya berkualitas dan unik. Semakin baik konten kamu maka akan semakin tinggi pula konversi penjualan dari blog.


Kesimpulan

Ya, beberapa cara diatas memang yang sering dilakukan oleh blogger dalam mencari penghasilan. Namun, lebih baik pilih salah satu dahulu dan fokus kepada pilihan tersebut. Kalau kamu merasa sudah ahli dalam dunia blogging dan lumayan menghasilkan, kamu bisa mencoba cara lain bahkan semuanya bisa kamu kuasai. Perlu kamu ketahui, meningkatan SEO juga sangat diperlukan agar blog/website kita menduduki peringkat teratas di mesin pencari terutama google.

Sekian artikel tentang 4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pemula Wajib Tahu! semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pemula Wajib Tahu!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email