Apr 11, 2017

logoblog

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, Lebih Baik yang Mana?

Pilih WordPress.com atau WordPress.org, Bagus Mana? (Sumber : pixabay.com)

Perbedaan Wordpress.com dan Wordpress.org - Pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wordpress. Ya, wordpress adalah salah satu aplikasi CMS (Contents Management System) yang paling populer saat ini.
Banyak orang yang memilih wordpress karena kemudahan dalam menggunakannya. Namun wordpress sendiri terdapat dua jenis yang berbeda yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Lalu apa sih perbedaan keduanya?

Perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org

Oke, tentunya kedua jenis wordpress ini mempunyai beberapa perbedaan yang wajib kamu ketahui agar tidak bingung dalam membangun sebuah blog yang sesuai dengan tujuanmu.

1. WordPress.com

Pertama, wordpress.com yaitu blog gratis yang disediakan oleh perusahaan Automatitc yang menggunakan server dari wordpress itu sendiri. Kamu hanya perlu mendaftar di situs wordpress.com untuk membangun sebuah blog dan secara langsung mengaturnya dengan mudah.

Membuat blog di wordpress.com sama sekali tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun terkadang terdapat iklan dari pihak wordpress.com yang sering kali mengganggu pengunjung dan tidak menguntungkan bagi pemilik blog. Ada pun plugin yang tersedia sangat terbatas.

Domain yang digunakan juga ada embel-embel dari wordpress. Misal ketika kamu membuat blog dengan nama domain blogcahti pasti terdapat subdomain wordpress.com karena server yang dipakai dari wordpress itu sendiri. Tema yang disediakan juga hanya beberapa saja.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut kamu perlu upgrade versi ke premium dengan membayar biaya yang telah ditetapkan pihak wordpress. Kalau kamu membuat blog untuk tujuan menghasilkan uang, maka ini bukanlah pilihan yang tepat.

Kita tidak bisa leluasa dalam mengatur blog karena kita harus tunduk pada peraturan wordpress. Lalu keamanan website bagaimana? Jelas bisa dibilang sangat aman karena ini menggunakan server dari wordpress.

WordPress.com sangat cocok untuk kamu yang mempunyai hobi menulis dan berniat hanya sekedar berbagai tulisan kamu kepada orang-orang.

2. WordPress.org

Sedangkan yang kedua wordpress.org yaitu layanan blog dari perusahaan yang sama namun menggunakan server milik kita sendiri. Jadi kamu harus mendownload file wordpress tersebut di situs wordpress.org lalu menguploadnya di hosting.

Beda dengan wordpress.com yang mengunakan server dari pihak wordpress, versi ini menggunakan layanan hosting sebagai tempat penyimpanan file-file wordpress. Semua file wordpress dapat kamu ubah/edit sesuai dengan yang diinginkan.

Kamu juga memerlukan domain agar blog dapat online. Selain itu, versi ini memungkinkan kita mengubah tema atau pun membuat tema sendiri dengan syarat mengetahui dasar-dasar fungsi pemrogaman yang ada di wordpress.

Ada banyak plugin yang bisa dipasang dan tidak terbatas. Tapi saran saya, jangan terlalu banyak menginstal plugin karena bisa mempengaruhi kecepatan loading website.

Yang paling menarik pada versi ini adalah kebebasan dalam mengatur website. Kita tidak terikat lagi dengan peraturan wordpress dan sepenuhnya menjadi hak milik kita. Namun untuk keamanan website menjadi tanggung jawab kita. Harus ekstra dalam mengatur keamanan website, jika tidak hacker akan dapat dengan mudah menjebol. Salah satunya adalah tema yang perlu diwaspadai karena secara langsung berhubungan dengan kode-kode program wordpress.

WordPress.org sebenarnya ditujukan untuk orang-orang yang berpengalaman dan serius ngeblog. Tapi apa salahnya jika mau belajar mendalami dunia blogging atau pun berminat dalam programing web.

Kesimpulan

Itulah hal-hal yang menurut saya perlu dipertimbangkan dalam memilih layanan blog dari wordpress. Saran saya sih, kalau mau belajar ngeblog mending pilh blogger.com karena pengaturannya mudah dipahami dan bisa nyambi mencari uang. Tapi kalau sudah lihai dalam dunia blogger.com atau pun ingin serius bisa pilih wordpress self-hosted.

Sekian artikel tentang Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, Lebih Baik yang Mana? semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org, Lebih Baik yang Mana?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email